Itinerary Thailand 5 Hari 4 Malam: Phuket & Bangkok

3 bulan setelah menikah, akhirnya aku dan DD punya kesempatan buat jalan-jalan sekaligus honeymoon ke Thailand. Bener-bener seru banget dan gak bisa dilupain. Datang ke berbagai tempat menarik seperti Phi Phi Island, Patong Beach, Big Buddha Phuket, Chatuchak Weekend Market dan berbagai tempat lainnya adalah hal yang sangat menyenangkan bagi kami berdua.

Nah, buat kalian yang butuh itinerary jalan-jalan ke Thailand tanpa tur, di artikel ini aku bakal share pengalaman seru jalan-jalan dan itinerary kami di Thailand selama 5 hari 4 malam. Semoga Itinerary ini bisa bermanfaat buat kalian yang butuh ide jalan-jalan di dua kota destinasi wisata terbaik di Thailand yaitu Phuket dan Bangkok. Check this out.

Itinerary Thailand 5 Hari 4 Malam

Hari 1 – Itinerary Thailand 5 Hari 4 Malam

Supaya hari pertama gak sia-sia, sebaiknya beli tiket pesawat pagi hari dari Indonesia ke Thailand. Berikut rekomendasi untuk rundown hari pertama.

Beli minuman dingin di daerah Patong Beach

09:00 Terbang dari Jakarta ke Phuket

Dari Jakarta kami terbang ke Phuket dulu karena aku dapet tiket pesawat yang lebih murah dari pada ke Bangkok.

13:00 Perjalanan dari Phuket International Airport ke hotel

Aku pilih menginap di daerah Patong, karena ke tempat-tempat wisata yang lain gak terlalu jauh dari sini. Aku menginap di The Crib Patong Hotel. Pertama kali masuk ke kamarnya, kita gak nyangka kalau itu hotel harganya cuma 200 ribu-an per malam. Bener-bener nyaman walaupun sayang pemandangan indah daerah Patong tertutup dengan gedung hotel lain. Oh ya, jangan lupa pake selimut ya karena AC nya dingin banget.

14:00 Istirahat dan mandi di hotel

Buat kalian yang berencana buat nginap di The Crib Patong Hotel sebaiknya bawa sampo dan sabun sendiri karena sabun dan sampo yang dari hotel menurut aku aromanya agak aneh. Karena kita gak bawa sampo dan sabun sendiri akhirnya kita ke minimarket depan hotel buat beli peralatan mandi lagi.

16:00 Jalan kaki ke Patong Beach melewati Bangla Walking Street

16:15 Menikmati sunset di Patong Beach, foto-foto dan parachuting

18:00 Jalan kaki dari Patong Beach ke Banzaan Fresh Market

Kita makan malam dan menikmati kuliner sebanyak-banyaknya di Banzaan Fresh Market karena harganya yang cukup murah dengan rasa bintang lima. #halah

19:45 Menuju ke Bangla Walking Street

Di sini kita bisa melihat penari striptease, ladyboy, dan beberapa atraksi malam di hampir semua restoran. Bisa nyawer juga lho hahaha.

20:45 Lanjut ke Mall Robinson

Menikmati pertunjukan air mancur yang bercerita tentang sejarah daerah Patong atau yang lebih dikenal dengan nama Jungceylon Water Fountain.

21:30 Balik ke hotel dan istirahat

Oh ya, kalo kalian travelling ke Thailand, jangan lupa juga beli paket internet ya supaya ga mati kutu pas nyampe tempat wisata, terutama yang suka posting story di instagram.

Untuk koneksi internet luar negeri, selain paket roaming, sewa travel wifi dari Indonesia merupakan salah satu yang dapat menghemat cost karena bisa patungan atau tethering sampai 5 gadget. JavaMifi bisa jadi alternatif solusi buat sewa wifi Thailand karena selain keuntungan di atas, baterainya juga awet sampai 15 jam. Untuk sewa bisa langsung ke www.javamifi.com.

Hari 2 – Itinerary Thailand 5 Hari 4 Malam

Jemur kaki di Phi-phi Island

Hari ke 2, kita pergi wisata ke Phi Phi Island. Aku beli paket tur seharga THB ฿1500 / orang. Harga ini sudah include makanan, minuman, snack, speedboat, life vest dan peralatan snorkeling. Jadi kita gak perlu pusing lagi mikirin kebutuhan selama wisata ini. Oh ya, kalau nyusun itinerary sendiri selama di Phi Phi Island ini, harganya akan jauh lebih mahal daripada membeli paket tur.

Nah, ini adalah rundown kegiatan Phi Phi Island Tour kami.

07:00 Dijemput di hotel dan langsung menuju pelabuhan

Begitu sampai di pelabuhan, kita bisa sarapan dan self service dengan makanan yang sudah disediakan oleh tim tur-nya. GRATIS. Selain itu, kita diberikan gelang dengan warna tertentu. Kalau gelang kita berwarna sama dengan orang lain, berarti kita satu tim dengan mereka. Tujuannya untuk bisa saling menjaga sesama anggota tim. Oh ya, gelang ini akan dikembalikan lagi setelah tur selesai dan tidak dipungut biaya sama sekali.

09:00 Berangkat dengan speedboat dengan tujuan pertama ke Khai Island

Di sini, kita snorkeling selama 40 menit di tepi pantai dan makan buah semangka dan nanas sepuasnya. Selain itu ada free flow drink cola dan air mineral juga. Seru kan? Hehe.

Setelah selesai, kita dibawa ke Maya Bay. Ini adalah pulau yang sangat indah dengan pantai yang dikelilingi dengan tebing yang tinggi. Kita diberikan waktu sekitar 1 jam untuk bersantai dan menikmati hamparan pasir putih dengan pemandangan yang indah. Oh ya, tempat ini adalah salah satu lokasi syuting aktor Leonardo Di Caprio dalam proses pembuatan film “The Beach” lho. Jadi keindahannya udah gak diragukan lagi.

12:30 Makan siang di Phi Phi Don Island

Phi Phi Don Island ini lebih besar daripada pulau-pulau yang sebelumnya kita kunjungi. Sesampainya di pulau ini, aku dan suami makan siang di sebuah restoran paling besar di sana. Semua makanan di sini sudah include dalam paket tur. Di sini, kita hanya diberikan waktu sekitar 1 jam. Jadi kalau gak mau kehilangan kesempatan untuk foto-foto dan menikmati pemandangan di pulau ini, kita harus makan dengan cepat.

13:30 Snorkeling di Loh Sammah Bay

Setelah selesai dari Phi Phi Don Island, kita dibawa ke Loh Sammah Bay untuk snorkeling lagi. Di wilayah ini, kita bisa melihat ikan-ikan dan terumbu karang dengan lebih jelas karena air di sini sangat jernih. Oh ya, hati-hati jangan sampai menginjak bulu babi ya. Hehe. Sebelum pulang ke pelabuhan, kita akan diajak untuk menikmati pemandangan yang sangat indah di Viking Cave dan juga melihat monyet di Monkey Beach. Jaga barang bawaan kalian ya supaya gak dicuri sama si monyet hahaha.

16:00 Perjalanan pulang ke hotel

18:00 Hunting makanan di sekitar Patong

Sesampainya di hotel, kita hunting makanan lagi di Banzaan Fresh Market. Walaupun hari sebelumnya sudah ke sini, tapi tetap aja belum puas karena masih banyak makanan yang belum sempat kita coba.

Hari 3 – Itinerary Thailand 5 Hari 4 Malam

itinerary thailand 5 hari 4 malam

Di sini panas banget kalau siang, jangan lupa bawa topi dan jaket ya, Big Buddha Phuket

08:00 Sarapan di Bangla Walking Street

Setelah checkout dari hotel, kami pergi ke sebuah food stall di Bangla Walking Street untuk makan mie tom yum. Food stall ini menjual beragam bentuk mie mulai dari mie beras lebar, bihun dan mie tepung keriting. Food stall ini kecil dan hanya bisa muat 6 orang untuk makan di tempat. Rasanya enak banget jadi kalian kudu cobain guys.

10:00 Perjalanan ke Big Buddha Phuket

Perjalanan dari daerah Patong ke Big Buddha Phuket memakan waktu sekitar 45 menit melalui jalan darat dengan jarak sekitar 21 km. Kami menyewa mobil selama 12 jam dengan biaya sebesar THB ฿1500 sudah include dengan supir. Sebenarnya kalau mau lebih hemat, bisa sewa motor saja tapi karena pertimbangan jalan yang cukup berbahaya karena tanjakan dan jalanan yang berkelok-kelok, kami lebih memilih menyewa mobil saja. Biaya sewa motor di sana sekitar THB ฿200 – ฿300 sehari dengan jaminan passport dan harus balikin motornya ke tempat sewanya.

11:00 Wisata di Big Buddha Phuket

Begitu sampai di Big Buddha Phuket, kita disambut oleh mbak-mbak yang jualan coconut ice cream. Jangan lupa mampir ya karena ice creamnya enak banget dengan harga THB ฿20 – ฿30. Selain melihat dan mengagumi Big Buddha yang super besar, kita juga dapat menikmati pemandangan Phuket dan laut yang sangat indah dari sini.

13:30 Perjalanan dari Big Buddha Phuket ke Wat Cha Long Temple

Pose dulu.

14:00 Makan siang dan foto-foto di Wat Cha Long Temple

Bagus banget. Wajib ke sini kalo ke Thailand.

16:00 Perjalanan dari Wat Cha Long Temple ke Phuket International Airport

Jaraknya sekitar 37.5 km. Di tengah perjalanan, kita sempat mampir buat beli bumbu masakan tom yum dan curry khas Thailand.

19:00 Perjalanan ke Suvarnabhumi International Airport, Bangkok

23:30 Perjalanan ke Atrium Boutique Hotel

Hotel ini bisa jadi pertimbangan karena reviewnya yang cukup bagus di salah satu situs travel dan berada di pusat kota. Jadi kalau mau naik BTS atau MRT lebih gampang. Kalian bisa pesan hotelnya di sini ya.

Hari 4 – Itinerary Thailand 5 Hari 4 Malam

Di depan MBK Center

09:00 Jalan dari hotel ke Wat Arun

Kamu bisa jalan kaki sekitar 14 menit (1.1km) ke stasiun MRT Hwai Khwang. Kemudian berhenti di stasiun Hwa Lamphong. Keluar dari stasiun dan naik bus nomor 41. Lalu berhenti di perhentian ke 14, lupa namanya karena aku juga bingung baca nama tempat pemberhentiannya yang pakai tulisan Thailand hahaha. Setelah itu kamu tinggal jalan kaki sekitar 15 menit lagi untuk sampai Wat Arun. Biar gak ribet pake google maps ya hehe.

11:00 Menuju MBK Center

Dari Wat Arun kita langsung naik taksi ke MBK Center dengan biaya sekitar THB ฿100. Tapi kalo kalian mau naik MRT dan BTS juga bisa.

11:30 Makan siang dan belanja di MBK Center

Stasiun BTS Sala Daeng

16:00 Jalan kaki dari MBK Center ke Asiatique

Pernah gak kalian jalan kaki sejauh 8-9km? Nah waktu itu aku dan Ferddy memutuskan untuk jalan kaki supaya bisa lihat sisi lain dari kota Bangkok #cailah. Kita melewati banyak tempat makan dan shopping juga sepanjang jalan. Di tengah perjalanan, kami singgah di Chamchuri Square dan ketemu kaos dengan harga yang sangat miring. Harga kaos dan rok yang aku beli berkisar dari THB ฿60 – ฿80. Kalau di convert ke Rupiah sekitar Rp. 28.000 – 37.000. Murah banget kan? Lumayan buat nambah koleksi baju hihihi.

18:00 Belanja, foto-foto dan kuliner di Asiatique

21.30 Balik ke hotel dan istirahat

Kami naik perahu gratis yang mengangkut penumpang dari Asiatique ke BTS Sapan Taksin. Kemudian turun di BTS Sala Daeng. Lanjut jalan kaki ke stasiun MRT Silom dan turun di Hwai Khwang. Terus jalan kaki lagi deh sampai di Atrium Boutique Hotel. Oh ya, lebih seru jalan kaki ya guys. Selain gratis, kalian juga bakal dapat pengalaman yang gak akan kalian dapatkan kalau naik kendaraan umum.

itinerary thailand 5 hari 4 malamHari 5 – Itinerary Thailand 5 Hari 4 Malam

08:00 Check out dari hotel dan langsung menuju ke Chatuchak Weekend Market

Kalau mau murah dan cepat, kalian bisa naik MRT lagi dari Hwai Kwang dan turun di Chatuchak Park. Kalau pakai mobil akan muter lebih jauh.

09:00 Belanja di Chatuchak Weekend Market

Tempat ini merupakan surga belanja bagi turis dan hanya buka di akhir pekan hari Sabtu dan Minggu dari jam 9 pagi – 4 sore. Barang-barang yang dijual cukup berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Oh ya, jangan lupa untuk selalu menjaga barang bawaan kalian selama belanja ya karena katanya banyak copet di sini.

13:00 Naik bus A1 dari Chatuchak Weekend Market ke Don Mueang International Airport

Waktu itu harganya murah sekitar THB ฿30 / orang. Mendingan naik bus ini daripada naik taksi karena harganya bisa 5 kali lipat.

15:40 Kembali ke Jakarta

Nah, buat kalian yang sedang mencari itinerary jalan-jalan ke Thailand selama 5 hari 4 malam bisa menggunakan itinerary di atas. Silakan dimodifikasi lagi dan sesuaikan dengan waktu dan kebutuhan kalian. Oh ya, kita juga ada trip itinerary ke Melbourne untuk 6 hari 5 malam lho. Buat kalian yang pengen jalan-jalan ke Melbourne bisa check artikel kita ya. Di sana itinerary-nya lengkap banget, jadi kalian gak bakalan bingung kalo ke Melbourne harus dateng ke mana.