Untuk Pejuang WHV: Cara Klaim Superannuation Account Gampang

Kali ini aku akan share tentang WHV cara klaim Superannuation Account terutama untuk pejuang WHV. Hal pertama yang perlu kalian tau soal Superannuation Account adalah, kita udah gak bisa bikin account ini di Commonwealth Bank. Soalnya, waktu pertama kali aku sampai di Australia dan mau bikin Superannuation Account, aku langsung datang ke CommBank (gak pake googling-googling dulu) dan tanya ke petugasnya soal ini. Petugasnya bilang udah gak bisa sejak 2 tahun yang lalu. Selain itu, banyak juga teman-teman aku yang gak tau soal ini. Entah kenapa CommBank menutup fitur ini…

Baca juga: Persiapan Sebelum Berangkat HONEYMOON SETAHUN di Australia

Setelah ditolak sama petugas CommBank, akhirnya aku memutuskan buat googling. Eh taunya di Google juga gak ada informasi tentang cara klaim superannuation. hahahaha. Karena belum dapat kerjaan dan gak butuh-butuh banget, ujung-ujungnya terlupakanlah yang namanya bikin Superannuation Account.

Singkat cerita, aku sempat dapat kerjaan di Sydney tapi karena dibayarnya cash jadinya gak perlu Superannuation lagi deh. Gak betah dengan kerjaan hospitality di Sydney, aku dan DD memutuskan buat pindah ke Queensland setelah dapet kerjaan Mango Picking dari agency bernama Agrilabour Australia. Buat kalian yang penasaran sama kerjaannya, bisa nonton di sini ya.

Apa sih Superannuation?

Jadi superannuation itu kalo di Indo semacem Jamsostek, atau sekarang dikenal dengan Jaminan Hari Tua (JHT). Sama kayak kalo kita kerja di kantor, sekitar 2% dari penghasilan kita itu dibayarkan untuk JHT dan kita bisa ambil dana itu kalo kita udah pensiun, atau bisa juga kalo udah resign dari kerjaan minimal 3 bulan.

Di Australia juga gitu. Superannuation gak dipotong dari gaji kita, tapi emang kontribusi yang dibayarkan oleh employer untuk jaminan hari tua kita yaitu sebesar 9.5%/tahun.  Kita bisa ambil saldo super kalo visa stay kita di Australia udah expired dan kita udah pulang ke tanah air.

Baca juga: Trik Daftar TFN Australia: 4 Hari Langsung Jadi

Saldo ini bisa diklaim secara online dari third party dari saat kita meninggalkan Australia sampai maksimal 6 bulan setelah meninggalkan Australia. Jika setelah 6 bulan dari sejak kita meninggalkan Australia tidak diklaim, maka saldo super kita akan ditransfer oleh third party ke pemerintah Australia atau biasa disebut ATO. Dan kalo udah sampe tangan ATO, bye-bye, superannuation kita angus dan jadi miliknya pemerintah Australia.

Berapa yang bisa diklaim?

Sejak 2017, pemerintah Australia sudah menetapkan bahwa saldo super yang bisa kita claim hanya 35%, dan 65% dibayarkan ke pemerintah Australia. Misalnya kalian punya saldo super sebesar AUD1000, maka yang bisa kalian claim dan jadi milik kalian itu hanya AUD350 saja. Nyesek ya, tapi ya mao gimana lagi. Itung2 itu juga bonus dari employer untuk kita, karena ga motong dari gaji kita.

Apa aja yang musti dilakukan untuk klaim?

Pertama, kalian harus tau dulu kalian pake akun super apa.

Nah kerjaan farm yang dikasi ama agency ini tuh ada komponen superannuation 9.5% yang ditanggung ama owner farm. Jadi waktu awal2 dapat kerjaan itu, kita disuruh isi form karyawan gitu la di website payroll agency ini. Pas disana ada disuruh isi superannuation account. Kita bisa isi akun super yang kita punya (kalo udah pernah bikin sebelumnya kayak hostplusmax supersun super, dll) atau pakai default superannuation account dari agency ini, namanya sun super.

Tapi karena waktu itu si DD agak kesambet dan pengen cepet punya super account, jadi dia bikin dulu atas rekomendasi dari temen kita di Sydney, yaitu hostplus. Kalo aku pake yang default rekomendasi dari agency yaitu sun super. Jadi aku bikin akun di sun super.

Kedua, setelah tau pake akun super apa, kalian pasti dapat member number. Biasa ini dikirimkan ke email kita. Biasa untuk email penting kayak gini selalu aku bintangin supaya gampang nyarinya. Mana tau kan setelah 1 tahun inbox kita sepenuh apa. Bisa juga pake fungsi search sih sebenarnya. Tapi enakan dibintangin aja. Kita juga bisa login ke akun super untuk tau saldo yang kita kumpulin udah berapa banyak. Jadi simpan member number kalian ya.

Ketiga, siapkan data-data berikut:

  1. Australian Tax File Number (TFN)
  2. Nomor paspor
  3. Alamat surat menyurat di luar Australia > ini diperlukan kalo pembayaran super kalian mau berupa cek yang dikirim ke alamat kalian di Indonesia
  4. Alamat surat menyurat terakhir di Australia > kalo menurutku ini sih untuk cross check alamat terakhir kita tinggal di Ausie
  5. Nomor anggota (member number) dari superannuation account
  6. Nama employer
  7. Alamat employer
  8. Tanggal bekerja dengan employer (dari/sampai)

Keempat, kita klaim saldo super di website ATO.

Setelah kalian memastikan bahwa visa kalian sudah expired dan kalian sudah elligible untuk klaim saldo super, maka kalian bisa ikuti cara klaim superannuation berikut.

  1. Masuk ke wesbite ATO untuk Departing Australia Super Payment (DASP) application. Setelah itu, klik “Next”.
  2. Halaman ini semacam syarat dan ketentuan. Kalo mau baca silahkan, kalo udah capek, bisa langsung aja klik “I Agree”.
  3. Pada halaman personal declaration, pilih “Yes”. Kemudian klik “Next”.
  4. Masukan data pribadi kalian yang udah disiapkan sebelumnya, yaitu TFN, Nama Depan/Belakang, Tanggal Lahir, Negara dikeluarkannya Paspor, dan Nomor Paspor. Kemudian klik “Next”.
  5. Setelah itu data kalian akan diverifikasi dulu dan klik “Next”,untuk melanjutkan.
  6. Halaman ini hanya untuk keamanan akun aja dan hanya akan tampil jika kalian waktu klaim itu masih disimpan sebagai draf karena data-data yang diisi belum lengkap. Jadi waktu kalian buka website ATO dan mau mulai klaim lagi, nanti akan diminta untuk jawab pertanyaan keamanan ini. Pilih pertanyaan yang sesuai dengan kalian, dan ketik jawabannya. Terus klik “Next”.
  7. Isikan alamat email, nomor telfon di Indo, alamat surat menyurat di Indo (ingat ini harus benar kalo kalian minta pembayaran dilakukan melalui cek), dan alamat surat menyurat di Australia.
  8. Masih dihalaman yang sama dengan poin 7, pilih metode pembayaran yang diinginkan. Karena aku dan DD masih punya akun bank Ausie, kita minta ditransfer aja ke bank kita. Daripada pake cek, takutnya ga nyampe ato ilang. Terus klik “Next”.
  9. Nah di halaman ini, kalo kalian centang “Save my details and I will return to this application later to complete it. Do not forward it to my super fund at this time”, maka hasil pengisian kalian ga akan disubmit ke ATO. Jadi nanti kalian harus masuk ulang lagi ke website ATO untuk melengkapi data-data kalian. Kalo udah yakin dan mau cepet-cepet dapet duit, ga usah dicentang dan klik “Next”.
  10. Kalo data yang kalian masukan benar, pas dicross check ama ATO nanti akan langsung terhubung ama akun super yang kalian pake. Dan disini aku kasi contoh pas klaim punya DD, yang terhubung dengan Hostplus. Jadi kalian tinggal lengkapin aja informasi tambahan supaya Hostplus bisa yakin kalo itu bener-bener kalian yang klaim. Di halaman ini aku isi kolom Member/account number Hostplus DD, tanggal buat supernya, nama employer dan alamat employer. Yang lain aku lupa, jadi aku kosongin. Toh yang paling penting itu menurutku nomor membernya. Kalo udah klik “Next”.
  11. Ini hanya halaman konfirmasi aja. Pastikan data-data yang kalian isi sebelumnya udah benar. Kalo udah yakin, klik “Next”.
  12. Pertanyaan terakhirnya adalah, kalian udah meninggalkan Australia secara permanen ato belum. Centang “Yes”, dan klik “Next”.
  13. Kalo udah selesai, klik “Submit” untuk konfirmasi terakhir.
  14. Klik “Finish” untuk menyelesaikan form kalian.

Akhirnya selesai juga klaimnya. Nanti kalian akan terima email dari ATO kalo dana super kalian akan diproses selama 28 hari kerja.

 

Waktu itu aku claim supernya DD, kebetulan pake Hostplus waktu itu, di tanggal 22 Oktober 2019 (inget! harus tunggu masa visa kalian udah expired dulu baru bisa klaim ya). Terus dari Hostplus DD cair ke rekening Commbank kita di tanggal 29 October 2019, which is cuman 1 minggu dari klaim. Cepet banget deh.

Tapi kalo kasus superku lama banget. Aku pake SunSuper, dan waktu itu klaimnya ditanggal yang sama kayak DD. Aku curiganya mungkin karena waktu itu aku lupa isi nomor member SunSuperku di halaman DASP seperti Langkah 10 di atas. Jadinya punyaku baru cair di tanggal 13 November 2019, 22 hari sejak pengisian di halaman DASP.

So guys, make sure kalian ngisi data di halaman DASP selengkap mungkin terutama yang berhubungan dengan nomor member akun super kalian dan nomor rekening (kalo mo langsung ditransfer ke rekening bank oz). Anyway aku belum pernah cobain yang duit supernya dikirim via cek ato international transfer, dan menurutku itu pasti repot. Jadi aku pilih ditransfer aja ke Comm Bank dan memang Comm Banknya juga masih aktif kupakai.

Oke, jadi itu aja cara klaim superannuation. Semoga informasi ini membantu kalian ya. 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *